Tips dasar jalan-jalan ke Jepang (1)

Dear diary,

Kali ini saya mau menulis beberapa tips mengenai jalan-jalan ke Jepang, sebab akhir-akhir ini banyak sekali teman-teman saya yang sepertinya berminat untuk jalan-jalan ke Jepang. Jadi, siapa tau postingan ini bisa membantu mereka yang berencana kesini.

Pada dasarnya, ada dua kendala jalan-jalan ke Jepang: mahal dan bahasa. Jepang memang terkenal mahal, bisa diliat dari harga air mineral yang rata-rata 100-150 yen (Sekitar Rp 10.000 – 15.000), yang mana 10 kali lipat di Indonesia. Masalah bahasa, penduduk Jepang terkenal tidak fasih berbahasa Inggris. Jadi, bagi yang bener-bener ga bisa bahasa Jepang, memang terlihat susah untuk melakukan travelling solo, lebih baik ikut tur.

Tapi, ga ada yang ga mungkin kan? Jalan-jalan ke Jepang murah tanpa takut kesasar karena ga bisa bahasa Jepang? Mungkin banget! Berikut tips-tipsnya.

Penginapan:

1. Pilih menginap di hostel dibandingkan hotel. Menurut pengalaman saya, saya sudah tiga kali menginap di hostel (Tokyo, Kyoto, Hiroshima), dan semuanya memuaskan. Orang Jepang suka kebersihan, jadi hostelnya pun ga ada yang ga bersih. So, jangan takut dengan kasur yang jelek, kamar mandi kotor, dsb. Plus ada kelebihan lainnya, kamu bisa berkenalan dengan banyak orang dari mancanegara, dan biasanya resepsionis hostel ramah, bisa diajak ngobrol n nyari-nyari informasi tempat wisata. Malah kadang-kadang resepsionis hostel lebih jago bahasa Inggris dibandingkan resepsionsi hotel. Hehehe… Kisaran harganya sih semalam 2000-3000 yen, malah ada yang 1500 yen.

2. Kalau mau lebih murah lagi? Nginep di tempat kenalanmu yang ada di Jepang. Bisa gratis tuh…hehehehe… Yah, paling bayar sedikit buat belanja makanan.

Transport

Jujur saja, saya lebih berani jalan-jalan sendirian di Jepang dibandingkan di Indonesia. Sebab disamping aman, transportasinya oke punya (kalo ga badai salju yaa…). Berikut tips-tips hematnya

1. Buat yang dapat visa turis, kamu bisa mengurus JR Pass, dengan tiket ini kamu bisa dapat potongan diskon di berbagai jenis kereta JR (PT. KA nya Jepang), bahkan sampai Shinkansen juga lho.

2. Untuk jalan-jalan pas weekend, manfaatkan Free Ticket, yang artinya dengan bayar sejumlah uang tertentu kamu bisa jalan-jalan naik kereta/bus/tram kemana aja dalam sehari. Biasanya di Kyoto, ada free ticket seharga 500 yen yang bisa dipakai buat keliling berbagai tempat wisata dalam sehari (kalau ga pakai tiket ini, harga sekali naik bus sekitar 220 yen).

3. Pada musim-musim tertentu ada juuhachi kippu (tiket 18.000 yen) untuk naik kereta biasa JR (bukan express apalagi Shinkansen) kemana saja, bahkan sampai ke Hokkaido. Tiket ini bisa dipakai lima kali, yang artinya satu orang dalam lima hari yang berbeda pergi kemana saja yang dimau, atau dipakai oleh lima orang dalam satu hari, kemana saja yang dimau.

4. Kadang-kadang menyewa mobil juga jatuhnya lebih murah. Tapi kamu butuh SIM Internasional atau SIM Jepang. Menurut teman saya, waktu itu dia pergi ke Nagoya dengan 5 orang temannya, dia menyewa mobil untuk sehari seharga 15000 yen dan biaya bensin sekitar 5000 yen. So, totalnya 20.000 yen, dibagi lima, jatuhnya per orang 4000 yen. Lebih murah dibandingkan naik kereta express yang dari Fukui-Nagoya sekitar 8000 yen sekali pergi.

Makan

1. Biasanya di supermarket, berbagai makanan jadi suka didiskon ketika sore. Ini karena orang Jepang tidak suka makanan yang ‘agak lama sedikit’ mereka mikirnya sudah ga segar lagi. Tapi yang begini justru menguntungkan, karena menurut saya, disamping murah, rasanya juga masih enak kok

2. Masih di supermarket juga, kalo jeli, suka ada selembaran yang bertuliskan makanan-makanan yang lagi didiskon saat itu. Jadi kamu bisa mendapatkan makanan yang sama dengan yang ada di supermarket lain, tapi dengan harga yang jauh lebih murah.

3. Kalau di restoran, cari restoran yang bisa makan sepuasnya atau minum sepuasnya. Biasanya di family restaurant semacam Saizeriya atau Coco’s menyediakan menu minum sepuasnya. Kamu bisa ambil banyak kantong teh buat dibawa pulang…hahaha…

4. Untuk yang muslim, sebelum membeli sesuatu, pastikan makanan/minuman yang kamu beli tidak mengandung daging yang haram (selain babi, daging ayam dan sapi juga haram kan kalau tidak disembelih dengan nama Allah SWT) atau mengandung minuman beralkohol. Untuk listnya, di Internet sudah banyak dipaparkan.

Belanja

1. Di Jepang banyak toko 100 yen yang menjual barang-barang 105 yen (5 yen lagi pajak). Belanja disini harus jeli, sebab ada beberapa barang yang lebih mahal dibandingkan di toko biasa.

2. Kalau punya kenalan di Jepang, manfaatkan buat belanja di toko online semacam Rakuten atau Kakaku, biasanya harganya lebih murah dibandingkan di toko-toko. Pemesanannya gampang, tinggal pilih barangnya, lalu pilih metode pembayaran, kemudian pilih barang mau dikirim kemana. Dalam waktu satu sampai tiga hari dari pembayaran, barang yang kamu inginkan sudah ada di tanganmu.

3. Jangan belanja kimono! Kimono itu barang mahal, dan ga semua orang Jepang punya kimono sendiri. Jadi, jangan berjanji membelikan kimono sebagai hadiah, kecuali kalau kamu punya cukup banyak uang di tabungan. hehehe…

Peraturan lainnya:

1. Kalau naik eskalator di Tokyo, jika kamu tidak terburu-buru, berdirilah di sebelah kiri, jalur sebelah kanan, buat orang yang ingin berjalan di eskalator. Kalau di Osaka, kebalikannya.

2. Kalau naik kereta, pastikan hpmu dalam keadaan silent mode. Di kereta Jepang sangat sunyi, orang Jepang tidak banyak mengobrol ketika di kereta. Jadi jangan berisik.

3. Kalau kamu berada di kota besar seperti Tokyo, usahakan jalan cepat, kalo jalanmu lambat, sebaiknya jalan di pinggir, dan kalau berhenti, jangan berhenti di tengah, bisa-bisa segerombolan orang Jepang dengan jalan cepat. Berhentilah di pinggi atau di dekat tiang-tiang penyangga, sehingga tidak menghalangi jalan.

Segini dulu deh…, nanti dilanjutkan lagi….hehehehehe….semoga membantu yaaaaaa~

Cheers!

Nilna Amelia

114 thoughts on “Tips dasar jalan-jalan ke Jepang (1)

    • 1. kalo cari hotel murah, lu search aja di mas google, hostel in tokyo atau hostel in kyoto…pasti muncul…hostel di fukui aja muncul. gw juga pernah nyari di travel guide book punya lu malah…hahaha
      2. belum tau…hahahaha…

  1. assalamualaikum

    wah seru ih baca artikelnya. saya ada rencana ke jepang tahun depan, backpacking sekalian liat2 sekolah buat ngelanjutin studi di sana. boleh minta email untuk dikontak dan ditanya? kalau ngga keberatan lho. Ato kirim email ke email saya di akbaradhisatrio@gmail.com

    ditunggu replynya :D

  2. hi..salam kenal…butuh informasi nich…kalo dari tokyo ke osaka slain naik shinkansen ada alternatif laennya ga ya? trus dari osaka ke tokyo juga ada ga ya?soalnya tiket shinkansen kan mahal, rencananya mau pegi sekali jalan aja sekalian ngerasain, trus pas baliknya mau naek yg laen yg lebih murah..hehehehhe..kalo boleh juga minta emailnya donk sis…thx b4

    • hmmm… coba naik bus gmn? kayaknya lebih murah, tp yaa lebih lama sampainya :) saya waktu itu juga naik shinkansen dari tokyo ke kyoto, blm pernah naik yang lain. Kalo dulu pernah naik bus dari tempat saya (Fukui) ke Tokyo, harganya sekitar 8000 yen… kalo di kota besar mungkin lebih mahal lagi kali yaa… boleh2, ini email saya nilna_syahrul@yahoo.com :)

    • untuk JR pass bisa dicoba cek di link ini
      http://www.japanrailpass.net/eng/en001.html

      kalau free ticket di Kyoto, caranya ketika pertama kali sampai di Kyoto Eki, cobalah ke tourist information terlebih dahulu. Disana anda bisa membeli free ticket seharga 500 yen yang bisa dipakai untuk naik bus di Kyoto berkali-kali selama satu hari penuh. Biasanya sekali naik bus tanpa free ticket adalah 200 yen. Jadi kalau sudah tiga empat kali naik bus, sudah balik modal. Setau saya, free ticket ada pas weekend dan hari libur saja. Untuk informasi yang jelas, bisa ditanyakan di tourist information. Have a nice trip in Japan :)

  3. Gak sengaja dapet informasi ini, terimakasih google dan terimakasih juga mbak atas share infonya. Saya ada planning ke Jepang tgl 22 December 2011 ini, Pulang tgl 2 Januari, ada sumbangan info ga untuk merayakan malam tahun baru dimana? Nanti pertama kalinya ke Jepang soalnya.

    Beli oleh2 ala jepang gt yg murah dimana yah mbak kalo di daerah tokyo? Apa ada resto Ind di sana? satu lagi,,, Bulan desember itu, cuacanya seperti apa kira2? heheheheh mohon maaf borongan nih.
    Lebih baik bertanya drpd salah kan.

    Trimsss

    • Hmm…kalo tanggal segitu, lagi musim dingin. Sebaiknya persiapkan jaket tebal, sarung tangan, dan kupluk. Di Tokyo sendiri sih jarang salju tebalnya, jadi pakai sepatu kets tidak masalah. Suhu kemungkinan di bawah 10 derajat.

      untuk tahun baru, tahun lalu saya merayakan di Tokyo Tower. Banyaknya orang2 asing, dan orang Indonesia banyak banget. Maklum, orang2 Jepangnya pada mudik. Selain di Tokyo Tower, mgkn di daerah pelabuhan di Yokohama, kata teman saya, itu spot yang romantis #eaa..

      kalau beli oleh2 yg murah dan banyak pilihan coba di Asakusa, di sekitaran Sensoji Temple (main spot Asakusa), ada banyak toko souvenir. Sepertinya itu yang paling murah untuk ukuran Jepang. hehehe…

      Kalau restoran Indonesia, selama di Tokyo saya blm pernah ke restoran Indonesia, maklum anak kostan, biasanya sih nyari sushi diskonan di waktu malam. Sebab restoran luar negeri termasuk mahal disini. Sebenarnya ada banyak restoran Indonesia di Tokyo, tp ya kerena itu, saya ga pernah kesana, saya cuma tau satu, namanya restoran Surabaya di daerah Odaiba. Itu juga tau karena lewat di depannya aja. Kalau mau makanan yang halal, saya rekomendasikan kebab di daerah Ueno, enak dan pedas!

      mudah2an dapat menjawab pertanyaannya. Feel free to ask yaaa :)

  4. boleh tau gak kalau penginapan yg under 2000 yen itu dimana? sy rencana juli 2012 mau ke tokyo dengan suami n anak 5 tahun, n kalau hostel or hotel itu kalo booking kamar lebih baik info 2 dewasa atau plus child yah? karena sy liat ad perbedaan harga with or without child, please share info n thks banget y

  5. hmm…saya lupa nama penginapannya, tp waktu itu saya pernah searching di google dan ketemu di bawah 2000 yen. Coba di search japan hostel, atau tokyo hostel. kalau sama anak2, ada beberapa hostel yang tidak memperbolehkan membawa anak2, jadi ada baiknya, sebelum booking, dtanyakan dahulu peraturannya.

    yg jelas kalau di jepang, jika ditulis untuk dua orang per kamar, maka harus dua orang, jika bertiga (orang dewasa), harus nyewa kamar lagi, ga bisa bertiga dalam satu kamar. peraturan hotel di jepang seperti itu. Saya blm pernah jalan2 dengan membawa anak kecil, jadi blm tau apakah anak kecil termasuk dalam pengecualian (bisa numpang kamar orang tua).

  6. Assalamualaikum. insyaAllah rencananya tgl 8 besok sy mau ke jepang, boleh tau apa aja yg biasa ditanyakan di kantor imigrasi bandara narita jepang, soalnya kayaknya nanti saya bakal ditanya panjang lebar karena penampilan saya kayak teroris, berjenggot, hehe…eh klo ga bisa bahasa jepang nanti jwb pertanyaannya pake bahasa indonesia bisa ga ?…

    • Wa’alaikumsalam warohmatullah wabarakatuh. Hmmm…setau saya ga banyak yg ditanyakan. Paling nanti ada diambil foto sama cap jarinya. Asalkan informasi di kartu imigrasinya lengkap, tidak akan ada masalah. Terutama tempat tinggal dan guarantornya, pastikan ada ya.

      mungkin akan ditanyakan ketika keluar dari pengambilan barang. Biasanya suka ada polisi yang bertanya. Saya tiga kali kena tanya, tapi mereka baik2 kok. Malah saya pernah ketemu polisi yang dulu pernah homestay di Indonesia dan kangen sama makan martabak. Huehehehe…

      biasanya yg ditanyakan sama para polisi adalah seputaran dimana tempat tinggal, ngapain disini, sama mereka akan mencatat nomor pasport kita. Selama kita jelas ngapain di Jepangnya, tidak akan ada masalah.

      Kalau ga bisa bahasa Jepang, pakai bahasa Inggris saja, pelan2 jawabnya. Kalau bahasa Indonesia, dipastikan mereka tdk akan mengerti.

  7. assalamualaikum
    Insya Allah skitar tgl 1 – 8 maret saya dan istri akan ke tokyo……… disana lagi musim apa ya, karena kita nggak pernah kesana…….. tks
    wassalam

  8. Halo, Mbak Nilna.

    aku nemu blog ini lewat google dan saya kagum karena postingannya sangat informatif. Aku ada rencana ke Jepang tahun depan, dan ada yang mau aku tanyain masalah akomodasi.

    Kalau di Jepang, boleh ya menginap di kosan/apartemen kenalan selama satu-dua minggu? Karena teman saya ada yang bilang kalau sebenarnya hal seperti itu tidak terlalu disukai oleh orang-orang sana, terutama oleh Induk Semang-nya (yang punya kosan), jadi biasanya lebih disarankan menginap di hotel kalau memang kenalannya tidak punya rumah di Jepang. Apa itu benar, mbak?
    Thx before :)

    • Halo Mbak Wulan…,

      hmm…orang tua saya pernah kesini tiga kali, dan setiap kunjungan itu paling sebentar dua minggu. Mereka tinggal di apartemen saya, kebetulan dulu saya satu apartemen dgn si empunya apatemen. Tidak ada masalah, kok… saya tidak pernah dikomen apa-apa oleh yang punya.

      mungkin tergantung apartemennya, Mbak. Ada yang memperbolehkan ada yang tidak. Jadi harus ditanya dulu sama teman atau kenalan yang tempatnya mau dijadikan tempat untuk menginap. Memang ada beberapa apartemen yg tidak boleh membawa teman untuk menginap, tp biasanya sih itu apartemen yang dikelola oleh perusahaan atau universitas (asrama). Jadi coba didiskusikan dulu dengan temannya, Mbak.

      Semoga membantu, dan semoga urusan visa dll untuk ke Jepangnya lancar ya, Mbak :)

      • Halo Mbak Nilna,

        Terima kasih sudah mau menjawab pertanyaan saya ini. Sayangnya rencana saya pergi ke Jepang tahun 2011 lalu dibatalkan krn satu dan lain hal. Tapi saya sudah memesan tiket untuk ke Jepang tahun 2012 ini, tepatnya bulan November nanti. Nah, ada yang mau saya tanyakan tentang akomodasi nih Mbak.

        Selama ini klo ada temen Mbak Nilna yg dtg ke tokyo dan nebeng di tempat Mbak, biasanya Mbak dimintain dokumen apa aja buat ngebantu tmn Mbak dapet visa? Soalnya kalau saya cek di buku2 panduan dan internet, katanya perlu surat undangan, rekening koran, dll. Saya sudah dapet teman yang bisa saya tumpangi selama tiga hari, dan jujur saya ga enak klo minta surat2 sebanyak itu ke tmn saya ini. Ada jg yg bilang klo saya cuma perlu surat dari dia yg membuktikan klo dia bersedia menampung saya, jd rekening koran dll ga perlu krn dia enggak akan menyokong saya slama disana. Gimana ya Mbak? Yg bener yg mana? Mungkin Mbak bisa sharing saran/tips & trik untuk hal ini.

        Terima kasih banyak, Mbak Nilna! :)

      • setau saya mbak, kalau mbak biaya sendiri, ga perlu rekening koran temen mbak. Kalau temennya yg biayain baru perlu deh.

        waktu dulu orang tua saya ke jepang, saya cuma sediakan surat rekomendasi saja (yg di donlot di website kedubes jepang), alien card, sama kartu pelajar. klo rek koran ayah saya pakai rek korannya sendiri, krn dibilang tanggungan pribadi ayah saya.

        smoga membantu ya mbak.

      • berarti kalau teman saya org jepang, dia hanya perlu kasih surat undangan / rekomendasi aja ya, Mbak? Kalau di website yg saya baca, katanya juga perlu “Dokumen yang berkenaan dengan pengundang. (Misalnya foto, surat, dlsb)”, berarti teman saya juga harus kasih foto dan mgkn semacam KTP jepang gitu ya Mbak?

  9. hai nilna.. tanya donk..sy mau ke osaka bln mei nanti, karna ini pertama kalinya ke luar negri + sndirian pula + gbsa nihongo, jadi agak takut2..pas nyampe di bandara KIA, biasanya dokumen apa aja yg diperiksa?trims ya

    • biasanya yg diperiksa itu passport aja kok…sama ada kartu kecil yg bakal dikasih sama pramugari di pesawat sblm mendarat. itu harus diisi… trus paling nanti diminta sidik jari telunjuk sama foto pas di imigrasinya… tenang aja kok…ga ditanyain macem2 :) have a nice trip

  10. Hi nilna, lebaran tahun ini saya dan keluarga planning mau liburan ke jepang, bisa jadi tour guide kita ga dijepang hehe atau ada kenalan tour local ga ya disana? Thanks.

    • Halo, Mbak Lenie. waaah…saya sudah mau balik ke Indonesia Maret ini… maafkan tidak bisa jadi tour guide… hmmm…, kenalan sih banyak ya, tp kalau yg suka jalan2 agak jarang, sebab kebanyakan pada sibuk kuliah semua -___-

  11. Hai mbak salam kenal,
    Awal juli tgl 1 hingga tgl 7 sy ada rencana ke jepang dgn keluarga(3 dewasa dan 2 anak 5 dan 9thn),kira2 ada yg bisa jadi tour guide kita gak ya,selama disana,atau mgk mb sendiri,kan lumayan buat nambah2 uang saku ;-),lbh seneng sih kalo tour guide nya bs bhs indo,kasi info sekomplit-komplitnya donk mb,..plus hostel yg oke,oya awal juli lg musim panas ya?jd kering bgt donk ya?

    • Halo mbak cici, salam kenal juga…
      waaah…tawarannya menggiurkan mbak, tapi saya sudah mau balik ke Indonesia Maret ini, jadi mohon maaf, tdk bs jadi tour guidenya..
      kalo awal Juli itu udah mulai masuk musim panas… ga kering mbak, malah lembab dan lengket. hehehee…. siap2 bawa topi ama sunblock aja mbak… rencananya ke kota apa mbak?

      • Yahhh syg bgt ya mb udah mau plg…menurut mbak enaknya aku kemana Aja yah?aku takutnya kalo terlalu jauh keluar Tokyo,tktnya malah gak puas ngubek2 Tokyo itu sendiri,msh bingung jdnya…oya kasi recommend Hotel didaerah shinjuku donk mb,yg deket pusat perbelanjaan yg cukupan lah…

    • Alo mba cici,
      *Maaf yah mba nilna numpang posting* mba saya juga ada plan ke tokyo bulan july dan saya mendarat tanggal 3 july kembali ke jakarta tgl 15 july, mungkin bisa cocokin itinerary nya kali aja bisa sama2, hub saya aj mba di margie.christine@gmail.com , thks yah mba nilna udah ijinin posting disini.

    • Mbak Cici, kebetulan saya tanya temen2 di Tokyo, ada yg berminat jadi tour guide. Kalau misalnya mbak Cici memang butuh tour guide, nanti mbak Cici bisa menghubungi mereka langsung… mohon infonya ya mbak…

  12. Sudah mau kelar ya nilna skul nya hehe congratz ya, anyway untuk klo lebaran kan sekitar bulan agustus, lagi musim dingin ya? Kira2 brp derajat ya nilna? Thanks infonya. O ya buat mba cici kabarin ya klo ada info tour lokal diisana coz kmrn saya ada ty tour lokal sana sekitar 17 jutaan tokyo-osako sudah include kereta cepat….. Huahuahua mahal juga euy. Mba cici boleh minta alamat email atau facebook nya? Alamt email dan fbl ku lenie_ enduro@yahoo.com

  13. Hi mbak . Salam kenal…saya dan kel 4 org juni 21 ke tokyo, plan ambil htl sunroute plaza shinjuku. Bisa tlg jadi guide selama di sana ? Anak2 mau ke hellokitty puroland, disneysea, disneyland apakah transport dari shinjuku bisa lsg sampe kesana . Tlg infonya ya trims

    • Halo mbak Merry…kalau untuk jadi guide, mohon maaf saya sudah pulang ke Indonesia skrg. Tapi ada teman2 saya yg kebetulan masih di Tokyo, kalau mbak berminat, nanti saya bisa sampaikan ke mereka. Kebetulan mereka sepertinya tertarik. Mohon infonya ya mbak…

  14. Salam kenal mbak Nilna,
    saya ada rencana pergi ke Jepang tgl 11 Desember 2012, mumpung air asia ada sale nih.
    Pas tanggal segitu biasanya dingin banget ngga ya? masih ok ngga maen di universal studio atau disneyland? Saya ajak 2 anak (8 & 10 thn). Apa yg harus saya siapkan buat winter di Jepang. Thank you infonya ya!

    • Halo mbak Lili…untuk bulan Desember, udaranya sudah dingin mbak…kalau di Osaka dan Tokyo biasanya 10 derajat…tp salju belum turun sih biasanya….masih cocok kok mbak main2 di Universal Studio atau Disneyland. Saya dulu malah pernah pas akhir tahun main2 ke Disneyland, alhamdulillah cuacanya cerah :)

  15. Hi mb nilna, thanks infonya, sangat membantu, rencana sy kesana pertengahan may tahun ini, klo ada yg sama jadwalnya bs bareng, skiing disana dmn bagusnya mb? (selain hokaido) soalnya jauh . . Hehehe

  16. Hi Mb Nilna Thanks infonya , sangan inspiratif , saya ada rencana ke jepang 12-20 May 2012 , mau tanya klo dibulan itu didaerh mana bisa dapat suasana salju (selain hokkaido) karena rencana iten saya tokyo , kyoto dan osaka selama seminngu , klo ke hokkaidonya jauh , thanks mba infonya , klo ada teman2 yang lainnya yang jadwalnya sama ayo join…..

    • Hmmm…kalau salju di bulan Mei sepertinya sudah mulai jarang ya mbak…kecuali di Hokkaido atau daerah Jepang Utara. Untuk Tokyo, Kyoto, dan Osaka sepertinya sudah tidak ada salju lagi.

  17. Sorry mb,baru baca n bales…emailku kurniatialka@yahoo.co.id,…iya ini msh dalam tahap ngurus visa,ke tunda terus krn bsk udah mau ke Bangkok,kalo urus visa Susah gak ya? Aku tkt ditolak, mslh tour udah di handle tour sama travel kenalanku,tp Kita cuma ikut tour 2 hari Aja,ke fuji sama Tokyo city tour..selanjutnya ya ke Disneyland and sea,Kita jalan sendiri,makanya msh bingung,dr hotelku shinagawa prince hotel ke Disney urutan kreta nya apa ya mb Nilna?

  18. hi mba nilna salam kenal. saya ada rencana ke tokyo tgl 24 Mei s.d 26 Mei. cuacanya kalo tgl segitu masi dingin yah mba? kalo di tokyo tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi apa yah? saya pengen email mba untuk pertanyaan lebih lanjut. blh kan mba? makasi sebelumnya….

    • Halo mbak Putria…Kalau bulan Mei cuacanya sudah mulai hangat.. sekitar 20 derajat…siapin aja jaket yang biasa dipakai di Indonesia, yg ga tebal…

      kalo di Tokyo, tempat yg dikunjungi biasanya: Tokyo Tower, Kuil Senshoji, Shinjuku, Shibuya, Harajuku, Imperial Palace, Kuil Meiji di Harajuku, Tokyo University, Disneyland, Disney sea… ada banyak siiih… tergantung mbak sukanya wisata apa. Kalo mau bisa disearch di google dgn keyword: japan guide.

  19. hi Nilna, salam kenal. boleh tanya. kalo pulang dari disneyland sudah 10pm malam, lebih mudah mana kalo naik bus atau train dari halte disneylandnya…apa masih bisa nyambung ke train/bus setelah di drop di stasiun ? kalo begitu mending nginap didaerah sekitar disneyland atau kota tokyonya ya ?

    • waaah…kalo bus saya kurang tahu yaa…coba cek di websitenya saja. saya setiap ksana slalu naik kreta, dan ga pernah ampe jam 10 malam…stau saya disneyland ga sampai jam 10 malam mas… cmiiw

      saran saya nginep di tokyonya aja…kalo mau keliling2 tokyo….di disneyland jg sprtnya penginapannya ga ada yg murah.

  20. salam kenal ya mbak nilna.sy ada rncana mau jalan2 ke jepang bulan jan or feb 2013..klo waktu itu masih dingin banget ga ya udaranya? soalnya pas di news, suhunya ampe 3C.. waktu yg pas klo ga mau terlalu dingin sekitar bln brapa ya? tp libur sy cuman smpe bulan maret.

    thanks ya atas infonya..bermanfaat banget..

    • Salam kenal juga. Kalo bulan jan-feb masih musim dingin dan kemungkinan suhunya bisa 0 derajat ato minus. Sebenarnya yg bagus itu bulan oktober, tp udah lewat ya :p bulan Maret juga udah mulai hangat koook…

  21. salam Mba Nina, Saya berencana pergi ke osaka tgl 26 juni nanti. Kami 6 orang dewasa dan 4 anak kecil. Yang saya mau tanya gimana cara transportasi yg murah dan nyaman karena mengingat kami bawa bagasi yg lumayan banyak? saya di beritahu bahwa taksi mahal sekali. dan kami pun mau pergi ke tokyo, saya juga bingung sama bagasinya juga mba. Gimana yah, thanks before

    • aduuuh mbaak maafkan…saya baru cek blog sekarang….udah kelewat ternyata >.<
      saran saya kalo bawa bagasi yg banyak, buat nanti kalo ada teman2 yg mau ke jepang, coba naik bus aja, biasanya ada dari airport sampai tempat tourist spot tertentu, jd ga nenteng2 barang keluar masuk naik kereta, ato naik taksi yg mahal. naik bus harganya memang ga semurah kereta, tapi ga semahal taksi.

      tempat2 yg bagus di Tokyo: Asakusa, Sky Tree Tower, Tokyo Tower, Shinjuku, Shibuya, Harajuku, Akihabara, Tokyo Dome, dll

  22. salam kenal nilna, minta infonya dong nomer yang bisa dihubungi untuk yg bisa jadi tour guide disana kurang lebih 1 minggu dari jemput di airport sampai ke hotel and keliling2 tempat main yang ada disana, waktunya belum tau nih,enaknya ksana bulan apa yah?tour guide nya orang indo juga atau orang jepang yah yg nilna kenal?trims before yah..

  23. hi…..nilna….
    kl aku justru pgn ke jepang pas lg musim dingin mba….rencana aku tahun dpn mau ke tokyo n osaka pas musim dingin….kl cuma ke tokyo sm osaka kira2 aku nemuin hamparan salju ga?? di pinggir laut mslnya atau danau…pkny yg view nya bagus deh……kira2 pas bulan apa ya ada hamparan salju di tokyo atau osaka…? thanks before

    • Klo ke Tokyo atau Osaka, bakalan kecil nemuin hamparan salju, paling salju yg langsung cair. Kalo mau ke Kyoto, masih bisa lihat salju. Bulan yg pas buat lihat salju sih Januari.

  24. hai mba nilna, saya juga ada rencana ke jepang skitar akhir agustus tepat tanggal 28 malam…. kira2 mule tanggal 29 maybe sampe tanggal 2 september ada yang bsa jadi tour guide aku gag ya,? diutamakan yang bisa bahasa indo.. pergi sekeluarga 4 org :) thx

  25. Mbak Nilna,aku mau deh info tour guide Nya,temen mbak itu,bsk sabtu aku dah berangkat,bisa gak ya?
    Krn Ada beberapa hari aku perlu guide,aku tunggu kbr secepatnya ya mbak…

  26. halloo mba nilna ^.^ hajimemashite, restu desu..bogoru kara kimashita ^.^ mba, sepertinya sudah hafal jepang ya..aq ada sedikit pertanyaan nie…mba nilna bisa bantu ga ya…??
    atashi wa, nihon e ikitai gurupu ga atte,.tabun 4gatsu no rainen iku to tsumori desu..nilna san wa, atashi no gaido ni narimasen ka?

  27. halo salam kenaal kak nilna
    aku mau tanya nih, aku ada plan mau visit jepang sama korea sama keluarga. kira-kira lebih enak pas kapan ya? pas bulan apa gitu yang cuacanya paling enak buat jalan? makasih ya

  28. Hi Mba Nilna,

    Ada pertanyaan nih: jika bepergian bertiga: saya, suami dan anak umur 2 th apakah masih worth it jika membeli JR Rail pass? Atau lebih baik beli daily pass di masing2 kota?
    Rencananya Osaka – Kyoto -tokyo – hakone – tokyo. Jadi berangkat dari JKT tiba di kansai osaka dan pulang ke JKT dari Haneda Tokyo.

    Thanks seblmnya
    Chica

  29. nilna…

    tq atas info nya, kalo tdk ada halangan sy akan pergi bulan sep ini dlm rangka dinas kerja (saya seorg perempuan dan akan pergi sendirian, dan ini utk pertama kali). boleh tau perjalanan dr osaka ke kyoto menempuh jarak brp lama? dan biaya transportnya brp? apakah memungkinkan pergi pagi dan kembali di sore hari jam 18.00 kembali ke osaka?

    terima kasih sebelum nya

    • Waddduuuh…yg ini kelewat jugaaa…maafkaaan…
      kalo dari osaka-kyoto itu naik kereta ekspress sekitar 20-30 menit….harganya saya udah lupa…heheh maafkaaan… sangat memungkinkan untuk pp satu hari.

  30. Halo Mba Nilna,

    Mau tanya nih, kalau awal september di 1-10 cuaca di jepang sudah mulai dingin belum ya? atau masih biasa aja, perlukah membawa coat.

    Terima kasih.

  31. Hi Nilna… salam kenal… aku rencananya akan berangkat ke jepang utk liburan bln Juni 2013 nanti, bersama suami & ibu ku jg 3 anak (10,6 & 3 thn). Mohon info apa Nilna ada kenalan yang bisa menjadi tour guide kami selama disana? jg menjemput dan antar dari airport, serta membuatkan iterinary yang bagus untuk keluarga saya? i’ll really appreciate for your kind of help & information….. thank you

  32. Maaf mba, mau tanya kalo buat solat disana gimana ya? Apa tempatnya disediain buat solat apa gimana ya? Kalo mentok saya solat dijalanan aja kali ya? Gapapa kan? Makasih mbaaa..

    • Yang jelas kudu bawa kompas sama alas buat sajadah… sholat aja dimana pun yg dirasa enak…kalo saya sih biasanya milih tempat parkir, taman yang sepi, atau pintu emergency. kalo misalnya ada penjaga/satpam, lebih baik izin dulu yaaa…biar lebih tenang aja sholatnya… jadi nanti kalo ada yg nanya2 juga, setidaknya penjaga/satpam bisa ngasih penjelasan ke mereka yg nanya2

  33. Salam kenal mbak Nilna, wah dapet info itu aku jadi makin pengen secepatnya pergi ke jepang buat lanjutin study.tapi masih bener-bener bingung nyari beasiswa buat sekolah ke sana mbak. mbak Nelni studynya di universitas mana mbak? beasiswa atau nggak mbak? mabak minta masukan dong tentang beasiswa study di Jepang.hehehe maaf ya kalau pertanyaannya melenceng dari isi postingannya. makasih :D

  34. Salam kenal mbak Nilna, namaku Putut (cewek). Setelah baca info dari mbak aku jadi pengen cepet2 bisa ke jepang buat lanjutin study.tapi masih bingung nyari2 beasiswa buat study di sana mbak. tolong masukannya ya mbak. oh ya dulu mbak studynya di mana? beasiswa ato nggak mbak? hehehe maaf ya kalo tanyabya melenceng dari isi postingannya…makasih mbak :D

    • halo putut, salam kenal juga. Saya dulu di Universitas Fukui, dapat beasiswanya dari kantor. Kalo kamu mau cari2 beasiswa coba di kedutaan besar Jepang, trus bisa search juga di google dengan keyword Panasonic Scholarship, INPEX, JICA, dsb. Ada banyak kok. terus sering ada juga pameran pendidikan Jepang di Jakarta dan Surabaya, kamu bisa dapat referensi universitas disana. Oya, saran saya belajar bahasa Jepang dari sekarang kalau kamu bener-bener niat mau sekolah kesana. Sukses ya! :)

  35. Hi Nilna! Salam kenal yach! Sebelumnya thx buat infonya. Aku n suami ada rencana berlibur ke Jepang bulan Januari 2113 nanti. Bisa minta tolong utk dicarikan tour guide selama disana, krn rencana kita disana sendiri ,tanpa tour agent.

  36. Hai mba Nilna salam kenal, saya suami dan 2 anak saya umur 5 dan 3 tahun rencana akan pergi ke tokyo Juni 2013 nanti, ada info gak ya penginapan yg terjangkau utk kami sekeluarga? Dan kira2 lokasi2 mana yg bs kami kunjungi dan bs dinikmati oleh kedua anak saya selain disneyland, universal studio. Tks before mba Nilna

    • Mbak Fitria, kalau saya merekomendasikan mbak tinggal di hotel. Yang saya tahu hotel yang cukup murah itu Toyoko Inn, tapi harga2 hotel2 di Jepang bisa berubah-ubah. Kadang2 malah hotel berbintang bisa mengeluarkan rate yang murah.
      Mbak bisa ajak anak2 mbak naik Tokyo Tower atau Tokyo Sky Tree, atau mungkin jalan-jalan di pertokoan seperti Namba-Osaka, Odaiba-Tokyo, atau Shiodome (disana ada toko Pokemon). Smoga membantu ya mbak. Have a nice trip :)

  37. salam kenal mbak nilna, saya tatik. saya ada rencana mau ke jepang bulan oktober tahun depan. ada banyak yang mau sya tanyakan. mohon sabar ya.
    1. apa saja ang menjadi ikon jepang yang wajib dikunjungi. mungkin saya di jepang sekitar 5 hari.
    2. atas rekomendasi beberapa orang saya disarankan beli JR pass. kartu ini bisa dipakai untuk kereta apa saja ? dan bisa naik/turun di stasiun mana saja ?
    3. bagaimana cara menggunaknnya ? apa harus diganti dengan tiket sesuai dengan kereta yang dinaiki ? atau langsung saja naik ke kereta ?
    4. untuk bulan oktober, suhu di jepang brp ? apa saya harus baya baju tebal ?
    biasanya di bulan oktober ada libur apa ? ada erayaan nasional apa di jepang ?
    untuk sekarang ini dulu deh yang ditanyakan.
    thanks banget mbak.

    • 1. Ikon di jepang ada banyak. Tokyo: Tokyo Sky Tree, Tokyo Tower, Imperial Palace, Harajuku, Akihabara. Osaka: Namba, Universal Studio Japan. Kyoto: Kyomizudera, Kinkakuji, Gion.
      2-3. Bisa dipakai untuk semua kereta sepertinya, mbak. Saya belum pernah coba juga sih, coba googling saja mbak ada website JR yang bahasa Inggris kok.
      4. Oktober itu masih musim gugur di Jepang. Siapkan saja satu jaket tebal dan sweater. Saya lupa ada libur apa mbak…kalau perayaan itu berbeda2 di tiap tempatnya…kalo mau yg banyak perayaan sebaiknya liburan di musim panas sekitar Juni-Agustus

  38. Assalamu’alaikum, salam kenal mbak nilna, mau nanya ni, rencannya april 2013 saya mau ke Jepang. Boleh donk info alamat nya toko hyaku en nya 100 yen nya utk omiyage hehe… Yg murah meriah, berikut peta tokyo dan daerah wisata sekitar tokyo, dll. Klo ada temen org indonesia di sana boleh donk minta alamat atau telponnya biar bisa share tentang wisata di tokyo dan sekitarnya. Ini alamat email saya : romadyah.agustina@gmail.com

    • Toko hyaku en ada banyak koook….di tiap kota ada…nanti tanya saja ke orang tour guidenya, pasti tau. Kalau peta kayaknya banyak kok di internet. Dicari dulu yaaaa… :)

  39. Halo mbak, salam kenal. Saya rencana ke jepang bulan juli nanti sama 1 org tmn gw. Dan ternyata kebetulan dia jg perempuan. Masalahnya pd ijin ortu karena ortu khawatir dgn keamanan disana yg ktnya byk lcowok nakal. Masalahnya saya mau backpacker gitu. Gmn mbak? Itu bnran?

    • Halo Angell, salam kenal juga.
      Cowok nakal pasti ada di semua negara juga. Tapi tenang, Jepang salah satu negara yang paling aman di dunia. Saya dulu pernah jam 1 malam pulang dari lab ke rumah, jalan kaki, alhamdulillah ga kenapa2. Yah, asal kamu ga main ke tempat2 yang bahaya, terus bisa jaga sikap, menurut saya sih gapapa.

  40. Mbak Nilna yg baik hati sabar menjawab berbagai pertanyaan :-)
    Saya berencana ke jepang bersama keluarga (anak 7 dan 10 th) tgl 23 -29 maret 2013, apakah masih dingin? kira2 berapa derajad & biasa masih perlu pakai jaket tebal atau jaket biasa yg biasa saja? Thanks sebelumnya…

    • Rencananya mau ke kota apa ya? Kalau maret itu sebenarnya pergantian musim dingin ke semi, cuma kadang-kadang masih suka dingin juga. Sebaiknya bawa saja satu jaket tebal, tapi ga usah yang tebal-tebal banget sprt kalau anda di musim dingin. Yah, yg tidak terlalu tebal, tp ga terlalu tipislah…
      Kalau suhu, setiap kota bervariasi yaa…mungkin sudah mulai 10 derajat ke atas.

  41. kakak,hehe mau tanya nih akukan mau pergi ke jepang sama mamaku. kita pergi tanggal 22juni 2013-5juli2013. disana musim apa ya kak?kitatuh mau nginep di tokyo kira kira 6 hari, sisanya prgi ke tempat lain. kira kira hostel yang akses ke tempat makan dan belanja dekat di sekitar tokyo dimana ya kak? di hostel ada liftnya enggak? apa harus angkat barang sendiri?soalnya aku sama mamaku gabisa angkat berat. bisa nitip luggage enggak di hotel/hostelnyakalo kita pergi ke osaka,dll?
    segitu aja ya kak. makasihhh :). atau enggak bales ke emailku aja marinasinarta@yahoo.com

    • Kalau juni-juli itu kira-kira musim panas, Marina. Kalau hostel kamu bisa search di google. atau bisa lihat di link yang ada di blog saya (bagian kanan bawah yang wondering around in Japan). Saya dulu pernah nginep di hostel daerah Asakusa. Lumayan juga, soalnya deket tempat belanja oleh2, sama banyak sightseeing spot sprt Sensoji temple dan skrg ada Sky Tree jg.
      kalau di hostel biasanya ga ada lift. Bangunan di Jepang rata-rata baru ada lift kalo 4 lantai ke atas. Nah kalo hostel biasanya cuma 3 lantai. Iya harus angkat barang sendiri, namanya juga hostel, bukan hotel. Kalau nitip2 gtu biasanya ada kebijakan hostelnya, beberapa boleh, tp kalau sampai ke Osaka, sprtnya kamu harus nanya lsg ke orang hostelnya.

  42. Aku+temen2 ♏àªϋ adakan tour K̶̲̥̅̊ε̲̣̣̣̥ jepang. Kira2 yg belanja souvenir/oleh2 dg hrg murah bgt dilbawah 100 yen. Mhn informasinya mbak amelia.

    • Waaah…kalo di bawah 100 yen mah susaaah atuh. Paling murah juga barang2 mah 105 yen, di toko 100 yen itu. Coba nanti ke nakamise street (pasar di dekat sensoji temple – asakusa), banyak barang oleh2 disana. Siapa tau ada yg murah.

  43. Hii,, bole nanya kalau awal april apa masi dingin n perlu pake jacket? Apa tau city tour with reasonable price mba? Krn saya bawa orang tua jadi takutnya tidak bisa jalan jauh.. Trus jalan2 ke hakone apa bisa dilakukan sendiri Atau perlu ikut tour? Mohon info ya ,, makasih,,

  44. Halo Mbak Nilna, Saya boleh ikutan nanya ya..
    Saya (berdua) ada plan mau ke Japan dari Korea mungkin sekitar bulan April to June ( plan nya si mau liat Sakura ^^) mungkin hanya 4 hari 3 malem aja karena keterbatasan waktu.
    Saya ada sedikit kendala nya seperti ini Saya akan menggunakan peach airlines dari sini tapi kendala nya tujuan peach airlines hanya ke Osaka sedangkan saya juga kepingin ke Tokyo.
    Mnrt Mbak Nina apakah ada best way dari Osaka To Tokyo and kira2 brapa ( setelah saya check jarak nya jauh jadi lebih baik saya beli ticket one way dari Seoul to Osaka and Tokyo to Seoul kali ya ? )

    or saya lnsg ke Tokyo aja n jalan jalan ke kota lain sekitar Tokyo aja ? kaya nya bisa juga si 2x ke Japan nya :p

    Mohon dibantu ya, Terima kasih

  45. Hai Mba Nilna apa kabar? saya Riana mau tanya2 nih…
    saya dan 2 org teman rencana k Jepang tgl 14-24 April 2013. kpengen liat sakura kayaknya ga mgkn ya? :(
    nanti kalo saya tanya2 by email boleh kan y?
    trus kalo onigiri yg d jual d konbini itu halal ga ya? mba punya rekomen sushi yg halal d sekitaran tokyo-kyoto-osaka?
    arigatou gozaimasu.. ^_^

    • Halo mbak,
      Maaf nimbrung. Saya ce juga akan ke Jepang tanggal 21-25 April sendirian (._. ) kalo boleh tau rencana kemana aja mbak?
      Tengkyu!

  46. mbak nilna aku ada rencana mw ke jepang,tapi kita rencananya mw liburan murah,macam backpackeran gitulah..kira” hotel atau hostel rekomendasi mbak nilna di daerah tokyo dmn ya yg murah,setidaknya ada kamar mandi dan bisa sholat,dan kamarnya bersih,recomended bwt muslim lah mbak,ada cewe muslim juga soalnya..trus tiket pesawat yg murah dan aman,bagusnya armada apa ya mbak??

  47. Hallo … Mbak … Salam kenal
    Mbak, rencananya saya dan suami akan ke Jepang pada tanggal 16 Januari 2014 sampai dengan 23 Januari 2014. Dengan flight JAL, rutt KHH (Kaohsiung, Taiwan) – TYO (Narita) – Osaka (HND) – KHH.

    Mbak, jika musim dingin di Jepang, kota mana saja yang lebih Mbak prefer untuk dikunjungi. Planning awal sy selama di Jepang Tokyo – Kyoto – Osaka (tambahan pengen ke Nagano dan Hokkaido). Minta sarannya ya, Mbak ? Bagusannya gimana ? Terima kasih, Mbak.

  48. TQ Amelia atas infonya. 10 th yg lalu saya pernah tinggal di Nagoya. Waktu itu kerja di sana. Emang kamu terakhir ke Jepang kapan? Msh ada teman ga di sana? Rencana akhir agustus ini mau main ke jepang ama keluarga.

  49. kaka, mau nanya nih…kalau bulan november-desember di jepang musim apa yah?
    rencana mau jalan sendiri ke osaka untuk 3-4 hari aja. Kalau jalan sendiri cara mudahnya gimana yah kalau saya ngga bisa bahasa Jepang? terus dari bandara ke pusat kota jauh ngga yah? Dan disana no.hp simpati/XL bisa digunakan untuk tolfon ke indo ngga ya? thanks yaa

    • 1. Nov-Des lagi winter di Jepang
      2. Saya ga recommended kamu ke Jepang sendirian kalo ga bisa bahasa Jepang, dijamin nyasar nantinya. Kalau mau ikut tur saja. Kecuali kalau kamu punya kenalan di Jepang ya, bisa minta temenin dia.
      3. Bandara ke Pusat Kota bisa naik kereta, sekitar 30 menitan.
      4. Simpati Bisa, XL saya belum tau. Tapi yg jelas biaya roaminya mahal.

Leave a Reply

