Tips jalan-jalan di Jepang (2)

Dear diary,

I’m back for several tips ‘jalan-jalan di Jepang’, di tips kali ini saya lebih menitikberatkan jalan-jalan super hemat ala mahasiswa. Terutama mereka para mahasiswa yang memang tinggal di Jepang. Oke tanpa basa basi, berikut tips-tipsnya….

  1. Pilih waktu liburan dari jauh-jauh hari. Hitung semua pengeluaran buat liburan, secara garis besar, kemudian jumlah hari dari kamu menetapkan liburan sampai hari H liburan. Bagi jumlah pengeluaran dengan jumlah hari, didapatkan berapa uang yang harus kamu tabung untuk liburan itu. Tabung setiap hari! misalnya, dua bulan lagi kamu mau liburan ke kota T, perlu uang sekitar 10.000 yen, makaaa 10.000 dibagi 60 hari, uang yang harus kamu sisihkan per hari adalah 167 yen. Kalo kamu disiplin, ga jadi kendala pas hari H buat nyari pinjeman duit untuk liburan :p
  2. Sering-seringlah mampir ke tempat ibadah. Karena saya seorang Muslim, pergi ke Mesjid merupakan suatu kesenangan buat saya. Karena hanya di Mesjidlah kamu bisa sholat dengan tenang dan khusyuk tanpa ada tatapan aneh dari orang Jepang. Selain itu dengan pergi ke mesjid, Insya Allah akan banyak hal-hal baik yang kamu dapati, sebut saja bertemu teman, bersilaturahmi, atau lainnya.
  3. Pergilah ke Tourist Information Center di kota yang kamu kunjungi. Meskipun kamu tau tentang kota itu… Sebab kadang-kadang ada information center yang akan memberikan tiket potongan harga untuk semua tourist spot yang kamu kunjungi hanya karena kamu orang asing. Ini pengalaman sewaktu di Kobe.
  4. Bergaulah dengan orang-orang Jepang yang kamu temui dan terlihat baik. Mereka bisa saja memberikanmu tumpangan mobil, mengajak makan siang, atau bahkan membayari hotel tempatmu menginap. Ini pengalaman teman saya yang kuliah di Hiroshima.
  5. Oleh2? Kalau mau murah, jika kamu pergi barengan sama teman-temanmu yaaa udunan saja. Paling ntar kenanya 100 yen per orang. Kalau mau lebih hemat lagi sering-seringlah berkeliaran di tempat ramai, akan banyak orang-orang yang membagikan uchiwa (kipas kertas) gratis kepadamu, ato beli minuman yang ada souvenirnya, atau makanan yang ada souvenirnya (makanan sih biasanya jarang, kecuali McD, tp saya jarang makan McD disini, kecuali kentangnya….hahahaa)
  6. Kalo lebih ga mau ngeluarin duit lagi, bawalah semua dari rumah… makan, minum, bahkan kalo bisa sleeping bag atau tenda buat menginap… jika di tmpt yg kamu kunjungi tidak ada orang Indonesianya sama sekali.
  7. Jalan-jalan saat puasa bisa menghemat pengeluaranmu, pertama kamu tidak makan saat siang, dan kamu bisa ke mesjid saat buka puasa. See? Kamu bisa memangkas 30% pengeluaranmu dari sektor kebutuhan perut :)

Demikian tips tips dari saya. Semoga berguna… Tips ini tidak hanya di Jepang, di negara manapun bisa kok…So, have a nice travelling!

Cheers!

Nilna Amelia

About these ads

5 thoughts on “Tips jalan-jalan di Jepang (2)

  1. cekakan abissss… btw, mau aku kenalin sama temen aku nda? tar kamu disuruh nulis tips perjalanan murah di jepang. nah sapa tahu terbit di majalah. :D kalau mau aku kenalin

  2. Halo Nilna salam kenal, saya suka artikel kamu yang ini,thanks ya udah sharing dan satu lagi saya suka quote kamu “Believing that everything is possible if you put 100% intention to it”

  3. kak mau tanya kalo pelajar yang pergi gimana ya? modal nekat aja nih hehehe ada kenalan sih, tapi bukan di tokyo, sedangkan pengen tinggal lamanya di Tokyo. oh ya, orang jepang jarang ada yang bisa berbahasa inggris ya? dimana bisa nemuin masjid? thx before

    • kalo pelajar bisa kok…, pas apply visa harus menyertakan kartu pelajar, trus harus ada penjamin, yaitu orang yg tinggal di Jepang. ga harus orang jepang, orang Indonesia yg lg di jepang jg bisa. atau kalo ga applynya sama travel agent, kayaknya lebih gampang dan ga ribet.

      orang jepang ga semuanya bisa bahasa Inggris. ada beberapa yg bisa. sebaiknya kalau mau ke Jepang sendirian, belajar saja dulu yg dasar2nya, buat bekal kalo nanya2. kan ada ya buku Japanese conversation gtu.

      Alhamdulillah, mesjid udah banyak di Jepang, di Tokyo sendiri ada banyak mesjid, ada di daerah Otsuka, Asakusa, Ueno, dll. Tempatnya memang bukan di tempat touristy gtu, tp klo ktemu sama muslim2 di Tokyo,Insya Allah nanti ditunjukin sama mereka. Ato nanti saya posting beberapa mesjid di Jepang, Insya Allah. Oh ya, di search di google jg ada kok… :) http://www.masjid.jp/list.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s