Perubahan jam biologis

Dear diary,

Sebenarnya hari ini saya bingung banget mau posting tentang apa. Lagi mandek ide. Sampai lima menit yang lalu, saya masih belum tau topik yang diangkat untuk cerita hari ini. Namun tiba-tiba terlintas ide saat saya YM-an dengan teman saya di Medan. Beliau bertanya, kok saya belum tidur. Saya bilang saja, sejak disini, saya tidur selalu diatas jam 12an. Dan zreeeeeng…langsung terpikir ide untuk menulis mengenai Jam Biologis saya.

Jam Biologis sebenarnya berawal dari istilah ilmiah biologis, Circadian Rhythm yaitu ritme mekanisme tubuh mahluk hidup yang diatur secara internal dalam periode 24 jam. Pengaturan ini berfungsi untuk menjaga fisiologis tubuh. Ritme harian ini bukan sekedar perubahan lingkungan selama 24 jam karena perputaran bumi pada aksisnya, namun muncul dari sistem time keeping suatu mahluk hidup. Nah sistem time keeping inilah yang disebuk jam biologis. Dalam sistem ini, mahluk hidup mempersiapkan perubahan lingkungan yang berkaitan dengan siang dan malam, sehingga mahluk hidup dapat beradaptasi dengan perubahan itu (Vitaterna et al., 2010).

Nah, lalu apa hubungannya dengan saya. Kan Jepang Indonesia perbedaan waktunya ga jauh-jauh amat, cuma 2 jam ini. Memang, tapi karena Jepang punya 4 musim otomatis ada perbedaan panjang siang dan malam, plus jam kerja disini berbeda dengan di Indonesia.

Ketika di Indonesia, saya akan bangun pukul 05.00 untuk sholat Subuh, beraktivitas seperti biasa. Karena di Indonesia tidak ada beban pikiran dan hidup enak, saya akan tidur saat pukul 10.00 malam.

Saat ini, waktu subuh di Jepang berkisar pukul 06.00 dan matahari akan tenggelam pukul 17.30. Hampir 12 jam sih. Ok, tidak masalah. Masalahnya jam kerja saya di lab dimulai pukul 10.00 dan berakhir antara kurun waktu pukul 20.00 sampai 22.30. Untuk kegiatan pagi memang tidak ada masalah, sama seperti di Indonesia, saya seperti biasa untuk sholat subuh, kemudian bersiap-siap untuk ke kampus. Kegiatan seperti biasa hingga malam menjelang. Jika saya pulang dari lab pukul 20.00, maka saya akan makan malam pukul 21.00, lalu memulai kegiatan yang menyenangkan seperti menonton, chatting, atau sekedar fesbukan hingga tengah malam lewat. Jika saya pulang lebih larut, maka saya akan tidur lebih larut. Bangun tetap sama.

Jadi saat ini waktu istirahat saya menjadi lebih pendek, dibandingkan dengan di Indonesia dulu. Penyebabnya, mungkin adalah aktivitas sehari-hari. Belum berat sih, namun saya berusaha untuk disiplin waktu disini, karena menyesuaikan dengan sifat orang jepang yang menghargai waktu, jadi mau tidak mau, saya harus datang ke kampus antara pukul 10.ooan. Saya menerapkan range waktu pukul 10.00, karena memang lab saya tidak punya jam kerja yang presisi, kesadaran sendiri lebih diutamakan.

Ketika saya pertama kali tiba di Jepang, saya selalu tidur awal, pukul 22.00. Teman-teman lab saya sampai terkejut mendengarnya. Pagi sekali menurut mereka. Awalnya saya bingung, kok jam segitu dibilang pagi. Namun, lama kelamaan, saya jadi mengikuti ritme mereka, di lab sampai malam, bahkan mereka sendiri bisa sampai pukul 02.00 dini hari di lab. Lalu, lama kelamaan, saya semakin terbiasa berada di lab hingga malam hari dan ujung-ujungnya, waktu tidur saya pun mundur. Dan akhirnya, jam istirahat saya berkurang.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena kurangnya jam istirahat, saya makan lebih teratur. sehari tiga kali, pagi, siang, malam (meskipun makan malam tidak pada waktu yang pas). Lebih banyak minum susu dan makan buah. Sekarang sedang memperbanyak asupan sayur, baik dimakan langsung, maupun dalam bentuk jus. Pokoknya untuk mengimbangi kurangnya istirahat dengan asupan karbohidrat, protein, lemak yang cukup. Apalagi suhu disini masih dingin, so…mau ga mau, makan juga harus lebih banyak. Biar energi untuk panas tubuh tidak berkurang. Heheheheheeee…

Cheers!

Nilna Amelia

reference:

Vitaterna, M.H; Takahashi, J.S; Turek, F.W. 2010. Overview of Circardian Rhythm. http://pubs.niaaa.nih.gov/publications/arh25-2/85-93.htm. Accesed at 14th February 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s