Saya mahasiswi rajin, tapi ceroboh

Dear diary,

Judulnya ga bangeeet…wakakakaka…untuk tiga kata pertama, bagi yang membaca dan merasa tidak puas, silakan komplain ke saya. Huahahaha…karena saya memang bukan mahasiswa yang rajin, saya cuma ngaku-ngaku rajin.

Ya, untuk hari ini saya mengaku saya rajin (dilempar sandal). Saat semua teman-teman saya tidak ke kampus, karena hari ini (lagi-lagi) ada ujian masuk, saya dengan gigih mengayuh sepeda menuju kampus (eits! sendal siapa ini? kok nyasar kesini?)

Karena gerbang depan di barikade dan dijaga satpam (heran, ujian doang di barikade, gimana kalo demo?? disemen kali tu gerbang), saya masuk lewat jalan pinggir, dekat rel kereta api (heran lagi, kalo emang mahasiswanya ga boleh masuk, kudunya semua jalan di barikade).

Akhirnya, tanpa kesulitan, saya pun sampai di lab. Sudah seperti berabad-abad lamanya saya tidak mampir kesini (lebaaaaaaaay), tidak ada perubahan, hanya saja lebih sepi. Cuma batang hidungnya Akimaru-san doang yang nampak, serta senyum manisnya Masuda-san. Ngobrol-ngobrol sebentar sama Masuda-san, saya langsung menghampiri Sensei. Tanpa ba bi bu, saya langsung disuruh mulai penelitian.

CATET: MULAI PENELITIAN!!!

Akhirnyaaaaaaaaa, mulai juga penelitian sayaaaaaaaaaa….di saat semua anak-anak lab libur, saya mulai penelitiaaaaaaaaaaan….hehehehe huhuhuhuu…*ceritanya ketawa senang, campir nangis sedih* :p

Oke, lupakan yang sedih-sedihnya, cukup kemaren saja.

Jadilah, dengan semangat 45 saya membuka buku campus saya yang baru. Buku catatan yang Insya Allah akan menemani suka duka saya mengarungi lautan S2.

Kerjaan pertama: bikin kultur jamur di dalam tabung reaksi dengan medium potato dextrose agar.

Pas mulai, agak-agak canggung juga, maklum udah dua minggu ga megang tabung reaksi (dilempar panci).

Saat bikin larutan, autoclave, dan menunggu medium menjadi agar, semuanya lancar, tidak ada masalah.

Selanjutnya tahap inokulasi.

Awalnya agak bingung cara pakai laminarnya, canggih sih, takut kenapa-kenapa jadinya. So, saya main aman, nanya ke Fuji-senpai. Saya langsung mangut-mangut ngerti. Fuji-senpai jago ih neranginnya, like this lah!

Di tengah inokulasi,

Rasa-rasanya kok aneh yaaaa?? bagian dalam tabung reaksinya berair. Mungkin gara-gara di autoklaf. Tapi, pas dulu belajar sama Kogetsu-san, berairnya ga seheboh ini. Waddduuuuh…jadi takut nih. Akhirnya main aman lagi, nanya ke Fuji-senpai. Pas dia bilang gapapa, saya langsung mulai lagi. Tau-taunya Sensei datang, dan nyuruh saya supaya sebelum mulai inokulasi, tabung-tabungnya didiamkan dulu di laminar sambil disinari UV.

Saya langsung nurutin perintah Sensei. Setelah 20 menitan disinari UV, saya langsung mulai kerja. Ada lima tabung reaksi yang akan diinokulasi. Pas tabung kedua selesai, tiba-tiba Sensei datang. Langsung merhatiin cara saya kerja. Trus pas tabung ketiga selesai, sensei langsung ngegulung lengan bajunya, dan nyemprotin etanol ke lengannya.

Ada yang salah, sini saya tunjukkan cara kerja yang bener, begitulah kata-katanya >.<

Intinya kalo saya inokulasi satu tabung lamanya 3 menit, beliau bisa 1 menit. Dalam sekejap beres. Huwoooooooooo…, saya harus banyak berlatiiiih!!!!

Kemudian inokulasi-inokulasian selesai. Lalu saya dijelaskan beberapa hal lagi, mengenai nanti S2 bla bla blaaaa….dan akhirnya saya pun pulang.

Sampai di rumah, beberes kamar, bu Khairuman datang. Ngobrol-ngobrol sebentar. Pas maghrib, bu Khairuman pulang. Saya kembali sendirian. Daripada bete, saya baca-baca iklan barang murah di mitsuwa. Salah satu barang yang ditawarkan adalah: alarm kebakaran.

Ih, mirip sama yang di ruangan laminar, pikir saya pas ngeliat gambar alarm.

Tapi buat apa ya dipasang di ruangan laminar? kan ga ada apinya, pikir saya lagi.

Eh, ada ketang, kan ada api buat bunsen…terus ada gasnya, ralat saya kepada diri sendiri.

Gas ya…., saya pun mengingat-ingat… Eeeeeh, tadi pas selesai inokulasi di laminar, saya kan belum matiin gasnya!!!!!!!!!

WAKWAAAAAAAAAAAAAAAAAAW!!!!!!!

Maka, segerelah saya dengan pakaian seadanya, jaket, dan sepatu boots, kembali dengan gigih mengayuh sepeda ke kampus. Jika, saluran gas belum dimatikan, maka kurang lebih 4 jam, saluran itu kebuka. Wakwaaaaw, jangan-jangan sekarang gasnya udah abis lagi!!!

Sesampainya di kampus, saya langsung lari menuju lab, ngendap-ngendap biar ga ketauan. Lab sepi, langsung saja saya menuju ruangan laminar, sempat saya liat ke ruang kerja, masih ada Fuji-senpai. Mudah-mudahan dia ga ngeliat saya. Bingung aja nanti jawab apa kalo dia liat saya disini.

Dan ternyata betul sodara-sodaraaa!!! Salurannya masih terbukaaaa!!! Segera saja saya coba dulu nyalakan bunsennya. Wuusssh!! Api masih menyala. Bagus, gasnya belum abis bangeet. Dengan sigap saya tutup salurannya, memastikan semua tombol laminar sudah mati. Dan langsung ngacir keluar lab.

Save!!!!

Huff, untung saya masih dikasih tau Allah lewat gambar di mitsuwa. Apa jadinya kalo saya ga sadar-sadar sampai sekarang. Makasih ya Allah atas petunjukMu…

Jadi, begitulah cerita penelitian saya di hari pertama. Saya adalah mahasiswi yang ceroboh >.<

Semoga kecerobohan ini ga akan terulang lagi. Amiiien…

Cheers!

Nilna Amelia

2 thoughts on “Saya mahasiswi rajin, tapi ceroboh

  1. Kunil,

    alhmdulillah dikau ingat yahh..kecerobohan tersebut…untuk gak sampe kebocoran gasnya..bsia bisa besok menyalakan korek api ajah langsung membakar yang laen…(bisa gak sih nil)

    ayo ayo nanti kalo kerja di buat list to do yang detail mpe alat dan bahan ajah..biar gak ada yangg ketinggalan

    semangad…

Leave a Reply

