Sholat di Negeri Sakura-1

Dear diary,

Baru dua bulan lebih sedikit saya di Jepang, namun pengalaman saat tiba waktu sholat disini sangatlah unik. Tinggal di negeri yang mayoritas bukan muslim tidaklah mudah, terutama yang menyangkut salah satu rukun Islam, sholat lima waktu.

Oke, untuk sholat Subuh dan Isya tidak ada kendala, karena keduanya bisa saya lakukan di apato. Namun, untuk sholat Dzuhur, Ashar, dan Maghrib, benar-benar butuh keteguhan prinsip. hehehe…

Jika hari biasa, alias hari-hari pergi ke kampus, biasanya saya selalu pulang ke rumah untuk sholat Dzuhur, Ashar, dan terkadang Maghrib. Setiap hari dua sampai tiga kali menggenjot sepeda ke rumah. Yang paling sulit ketika saat waktu sholat cuaca lagi tidak bersahabat, ya saljulah, ya ujanlah, ya angin kencanglah. Atau ketika sedang running penelitian. Tapi, yang nama kewajiban ya harus dijalankan. Lagipula, pulang ke rumah juga menyenangkan, jadi punya sedikit waktu untuk makan atau tidur-tiduran dulu. :p

Nah, kalau yang waktu libur, biasanya pengalaman sholat cukup seru. Karena saat libur saya sering menghabiskannya di luar rumah, kebanyakan sih jalan-jalan di mall atau pertokoan. Hehehehe. Kalau sudah jalan-jalan begini, kadang bisa sampai malam, jadi saya dan teman-teman juga sering sholat Dzuhur, Ashar, dan Maghrib di tempat-tempat yang unik.

Tempat paling unik adalah: fitting room toko baju bernama JACK. Hari Senin minggu ini, karena hari libur nasional, saya bersama Ibu Khairuman dan anak-anaknya jalan-jalan ke daerah pertokoan Book.Off. Ceritanya Ladies day out, hahahahaha. Nah, kebetulan saya pengen beli celana, jadilah kita mampir di JACK. Asal tau aja, beli celana di Jepang susah, ukurannya kecil semuaaa, jadi aja saya lama milihnya. Untung aja sepi, jadi ga masalah saya bolak-balik fitting room. Pas saya mau nyoba celana untuk ketiga kalinya, Ibu Khairuman mengeluarkan ide cemerlang.

” Nilna, kayaknya bisa nih sholat di dalam fitting roomnya, cukup deh. Lagian lagi sepi ini, ga ada yang pakai fitting room.”

Tanpa ba-bi-bu, langsung saya setujui. Dan jadilah kita sholat di dalam fitting room. Agak deg-degan juga, soalnya fitting roomnya ada dua, dan dua-duanya kita pakai. Gimana coba kalau ada yang tiba-tiba ngantri? Hehehehe…Tapi alhamdulillah, mission accomplished!

Tempat lainnya adalah: ruang menyusui. Ini juga sama Bu Khairuman dan anak-anaknya. Kejadiannya pas kita berkunjung ke Osaka Kaiyukan (Sea Worldnya Osaka). Saat itu udah masuk waktu Ashar, dan emang waktunya buat Yuki-chan, putri bungsu Bu Khairuman yang baru berumur 1 tahun, untuk menyusui. Jadi aja, berkedok ingin menemani Bu Khairuman, saya dan Safira-chan, putri sulung Bu Khairuman, ikutan masuk ke ruang menyusui untuk sholat.

Bedanya dengan kejadian di JACK, pas Safira-chan sholat, tiba-tiba mbak-mbak suster (ruang menyusuinya gabung sama ruang kesehatan) masuk. Hahahahaha…ketauan deeeeh. Untung mbak-mbaknya baik, kita dibolehin tetep sholat. Arigatou, nee-chan!😀

Tempat lainnya: tempat bermain anak-anak di APITA. Tau kan kalau di mall-mall ada bagian khusus tempat main anak-anak. Nah kalo disini tempat tersebut gratis, jadi kita juga bisa masuk. Kecil sih tempatnya. Hari itu cukup ramai juga, ada saya, Bu Khairuma, Bu Dewi, plus tiga anak Bu Khairuman, anak Bu Dewi bernama Kenta, serta temannya Kenta, Shota. Karena anak-anak pada heboh main disitu, riskan juga kalau ditinggal sholat di lantai atas (di APITA ada musholla sendiri, hahahaha…di tempat parkir paling atas, sebenarnya teman-teman disini yang menamakan itu musholla), jadi aja diputuskan kita sholat di tempat main. Lumayan lho, pas sholat jadi ga keliatan, soalnya ketutupan sama hebohnya anak-anak. hahahahaa…

Sebenarnya masih banyak lagi siiiiih…secara sering jalan-jalan, hahahaha… tapi kayaknya kepanjangan kalau ditulis semua disini. Insya Allah disambung di postingan selanjutnya.

Cheers!

Nilna Amelia

Leave a Reply

