Perkuliahan

Dear diary,

Sudah lama juga saya tidak update blog, mungkin hampir dua minggu.  Well, selama dua minggu saya cukup sibuk, sehingga untuk mengupdate blog saja tidak sempat. Hehehehee…

Dari tanggal 11 hingga hari ini, tanggal 24 April 2010, orang tua saya berada di Fukui. Yup, selama dua minggu ayah dan ibu saya menginap di apato saya yang ukurannya cuma sekali koprol. Kebayang kan gimana penuhnya. Walaupun sempit, mereka alhamdulillah senang-senang saja. Hehehehe…

Karena orang tua saya, laptop di kamar dikuasai oleh mereka, untuk menonton siaran Indonesia via streaming. Kata ibu saya, biar serasa di Indonesia gtu lowh. Okeeeelaaaah kalo begiiituuu, maa….

Di samping penguasaan laptop oleh orang tua saya, jadwal kuliah yang padat membuat saya tidak sempat mengetik disini >.< Untuk semester I ini saya mengambil 25 SKS, huahahahahaha…mabok-mabok dah tuh. 13 SKS perkuliahan, 11 SKS sisanya ialah research, seminar, dan kunjungan pabrik.

Oke, jadi inilah jadwal perkuliahan saya dari Senin hingga Jumat

  • Senin

Diawali dengan mata kuliah “Komunikasi Bahasa Inggris” yang intinya ialah conversation dalam bahasa Inggris. Mata kuliah ini ialah mata kuliah yang paling saya mengerti. Karena selain disampaikan dalam bahasa Inggris, pelajarannya juga cukup mudah. Bayangkan saya, unit 1 di textbooknya saja adalah penggunaan is, am, dan are. Hehehehehehee…

Selesai kuliah bahasa Inggris, kuliah selanjutnya ialah …… *saya lupa dong judulnya apa, huakakakakaka* Intinya ialah belajar mengenai struktur dan reaksi kimia. Disampaikan dalam bahasa Jepang, dan senseinya suka nunjuk anak-anak di kelas buat ditanyain. Kalo bisa dapat nilai, kalo ga ya dapat sindiran halus T^T

  • Selasa

Tidak ada kuliah sampai pukul 16.30. Dari pukul 16.30-18.00 saya ada kuliah mengenai Bahasa Jepang Perindustrian. Mata kuliah yang dirancang untuk International Student. Ga wajib sih, saya ngambil kuliah ini dengan harapan bisa belajar bahasa Jepang, dan minimal karena semua peserta kelasnya bukan orang Jepang, saya bisa mengikutilah kuliahnya.

Tapi…., semua isinya mahasiswa China, dan setiap pertemuan dibagikan kertas bertuliskan berita-berita terbaru di Jepang. Tentu saja dengan banyak kanji dimana-mana. Dan Senseinya suka menunjuk juga buat baca satu paragraf. Yang China mah enak, bisa baca kanjinya. Lha saya? Wakwaaaaw.

  • Rabu

Hari dengan kuliah terpadat sedunia. Pagi-pagi kuliah Komunikasi Bahasa Inggris, dilanjutkan dengan kuliah Biomolekuler. Senseinya yang ini baik, dan senangnya slide presentasi beliau dalam bahasa Inggris. Jadi meskipun dia nerangin dalam bahasa Jepang, saya tetap bisa ngikutin kemana arah cerita beliau.

Siangnya ada kuliah Biologi, yang ini lebih ke genetika. Tentang vektor bakteri, virus, bla bla bla. Senseinya juga enak neranginnya. Tapi godaan terbesar ialah kuliah di jam-jam yang bikin ngantuk. Huahahahahaha…

Selesai kuliah Biologi, ada pertemuan lab yang dinamakan Seminar. Disini mahasiswa S1 tingkat 4, S2 dan S3 harus menjelaskan jurnal ilmiah ke seluruh penghuni lab. Dalam Bahasa Jepang. Jadi jurnal ilmiah yang berhubungan dengan riset kita, kita ubah dari Inggris ke Jepang. Untuk kasus International Student, boleh pakai bahasa Inggris, tapi efeknya ga ada yang ngerti. Jadilah saya berjuang mati-matian biar bisa presentasi bahasa Jepang. Minggu ini giliran saya, doakan saya berhasil ya ^^

  • Kamis

Kuliah cuma sekali pukul 10.30-12.00. Mata kuliah polimer. Senseinya sudah tua dan ngajarnya baca buku. Udah jamnya siang, neranginnya datar, jadilah seisi kelas banyak yang tidur dengan sukses. Bahkan ada yang ngorok, dan dicuekin aja tuh. Hahahahaha….

  • Jumat

Kuliah sekali juga, jamnya sama seperti hari Kamis. Kuliah Kimia Analisis. Huahahahahaa…bisa-bisanya saya ngambil kuliah ini padahal Kimia saya wakwaw. Kenapa saya ngambil kuliah ini? Karena kuliah ini ada text book Inggrisnya. Hehehehehehe…yah, minimal kalo ga ngerti saya bisa baca bukunya dan nyari referensi lebih jelas di internet😀

Oh ya, setiap hari Selasa, Kamis, Jumat pukul 08.45-9.15 saya ada kelas Bahasa Jepang. Kemudian kalo hari Senin dan Rabu pukul 08.45-9.15 juga saya ada kelas Komunikasi Bahasa Inggris itu. Intinya, setiap hari saya harus bangun pagi untuk ke kampus. Yah, dinikmati sajalaaaah…

Jika tidak ada kuliah, saya biasanya di lab, sekedar ngerjain tugas atau riset. Kadang-kadang saya pulang dari kampus ketika matahari sudah terbenam, dan perut sudah lapar, biasanya berkisar antara pukul 19.00-21.00, tergantung kesibukan di lab juga. Kalo kerjaan banyak, ya bisa malam sekali pulangnya. Sekali lagi, dinikmati sajalah….

^^

Cheers!

Nilna Amelia

One thought on “Perkuliahan

  1. baru nemu blognya si mbak tapi udah hampir semua artikelnya aku baca😀
    dan semuanya seruuu + bikin ngiri >_<
    pengen pengen pengen, aku juga pengen ke jepang hahaha
    semoga bisa lanjutin S2 ke sana Amin amin amin😀
    oia mbak ambil jurusan apa??🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s