Indonesiaku malang T^T

Mana Bhineka Tunggal Ika?!

Mana Keadilan?!

Sejak saya tinggal di Jepang, saya selalu mendambakan pulang ke Indonesia. Ke tanah kelahiran saya, tempat yang saya selalu puja puji, tempat yang selalu saya banggakan ke teman-teman saya dari negara lain. Indonesia negara yang hebat!!

Tapi ketika hari ini saya membuka koran dan streaming tv, yang ada hanya sakit hati. Saya sedih melihat bagaimana Indonesia terpecah karena isu SARA, bagaimana rakyat kecil ditindas sementara mereka yang punya uang hidup senang, bagaimana para koruptor menghina hukum Indonesia. Bagaimana Indonesia punya pemimpin yang loyo dan tidak tegas, membiarkan rakyatnya diinjak-injak, diadu domba, sementara ia hanya bisa bernyanyi dan mengeluh?!

Saya bukan ahli politik, hukum, ekonomi. Saya juga bukan seseorang yang jago debat, bukan seseorang yang jago merangkai kata. Saya tidak pantai memprotes atau mengeluarkan pendapat dengan baik. Saya selalu memilih diam. Tapi kini saya muak, sakit hati, kecewa, sedih, dengan apa yg terjadi di Indonesia. Maka akhirnya semua rasa itu saya tuangkan disini.

Saya kembali melihat slide presentasi saya mengenai Indonesia yang saya banggakan ke teman-teman lab saat daily presentation, saat saya dengan bangganya menceritakan keindahan Indonesia di mata anak-anak SD di Jepang.

Sekarang semua itu tampak seperti bualan belaka. Nonsense.

Tapi, belum terlambat. Masih ada kesempatan untuk memperbaiki semuanya. Saya hanya bisa berharap dari sini, berdoa, semoga Indonesia bisa menjadi negara yang jauuuuuuuuuuuuuuuuuuuh lebih baik dari sekarang. Mudah-mudah suatu saat nanti Indonesia akan dipimpin oleh seorang pemimpin yang akhlaknya seperti Nabi Muhammad SAW. Amiiieeen~

#ungkapan kekeselan pelajar rantau#

Leave a Reply

