Liburan kilat ke Lombok

Dear diary,

Kali ini mau cerita liburan ke Lombok. Liburan pertama bareng pria yang berstatus suami saya. Yup, ceritanya kami ke Lombok buat honeymoon (ihiiy!). Sehari setelah acara resepsi kelar, esok paginya langsung capcus ke Lombok. Agak terburu-buru sih, soalnya minggu depan suami harus kembali kerja di Balikpapan, dan saya agak was-was takutnya keburu dipanggil masuk kerja hari pertama.

Karena ga mau ribet, kami milih paket honeymoon. Waktu itu sih liat-liat di internet doang. Akhirnya milih yang 3 hari dua malam, nginepnya di Manna Villas di daerah Senggigi. Kira-kira budgetnya 4 jutaan (agak lupa-lupa juga sih :p).

Kami sampai di Lombok siang hari, dan langsung dijemput oleh pegawai Villanya di Bandara Internasional Lombok. Ternyata jarak tempuh bandara – senggigi makan waktu satu jam lebih. Wuiih, jauh juga yaaa… Di sepanjang jalan kami sedikit ngobrol-ngobrol dengan pak pegawai villa sembari ngeliat pemandangan persawahan yang menakjubkan. Kami juga sempat diantar ke toko mutiara. Keren-kereeen siiiiiih…., tapi mahalnya ga ketulungan. Huhuhuuu….

Sekitar jam dua, kami sampai di villanya. Waktu itu bukan waktu liburan sih, jadiii…cuma kami yang jadi tamunyaaa… Hahahaa, sempet agak was-was juga sih, udah villanya agak jauh dari tempat resepsionis. Huweee…takuuuut…kalo malam-malam ada apa-apa gimanaa? hahaha…

Villa yang kami tempati homey banget. Dua bangunan yang dipisahkan oleh kolam renang. Satu bangunan untuk ruang keluarga dan ruang makan, satu lagi kamar tidur dan kamar mandi. Fasilitasnya juga oke, ada dvd player juga, kamar mandinya luas banget, bisa buat koprol! #norak!

Hari pertama kami habiskan dengan istirahat. Capek bo! Kemarennya disuruh berdiri tiga jam lebih buat nyalamin tamu, paginya terbang ke Lombok, mau jalan-jalan sore di Lombok jadi ga sanggup.

Esok paginya, setelah sarapan, jam delapan pagi kami berangkat ke pantai Senggigi. Dasar emang persiapannya ga oke, masa saya ga bawa sendal jepit dooongs…cuma bawa sepatu dengan heels. Ga matching bangetlah buat ke pantai. Akhirnya terpaksa pas di pantai saya beli sendal jepit plus baju kaos buat snorkeling. Yup, saya juga ga bawa persiapan buat snorkeling, boro-boro snorkle-nya, wong baju renang yang buat muslimah aja ga bawa. Dong dong dorongdong banget lah -__-

Kami tidak berenang di Senggiginya, tapi dengan kapal kami berangkat menuju Gili Trawangan. Cihuuuuuuuy…..!!! Selama perjalanan kami dibuat kagum dengan landscape Lombok yang ciamik banget lah. Pantai yang langsung bercumbu dengan pegunungan hijau dikombo dengan langit biru yang indah. Subhanallah, ciptaan Allah benar-benar indah.

Perjalanan dari Senggigi ke Gili Trawangan memakan waktu sekitar 45 menit – 1 jam. Begitu sampai, kami langsung disambut dengan dentuman musik, jejeran toko dan penginapan, serta bermacam-macam turis, kebanyakan sih dari mancanegara. Ternyata Gili Trawangan sudah komersial banget ya.

Gilis (Gili Trawangan, Gili Air, dll) merupakan pulau-pulau kecil, jadi tidak ada mobil disini. Kebanyakan penduduknya menggunakan sepeda dan juga kuda. Natural banget, jadinya ga ada polusi (horee!). Bahkan, truk sampah disini berupa gerobak kuning yang ditarik oleh kuda.

Karena Pak Pemandu bilang kalau mau snorkeling mendingan di Gili Air saja, jadi di Gili Trawangan kami hanya meminjam sepeda untuk mengitari pulau ini. Ternyata eh ternyataaa…capek juga ya ngitarin pulau, apalagi jalannya kadang-kadang berpasir jadi susah ngedayung sepedanya. Ternyata di satu sisi, Gili Trawangan udah rame banget, di sisi lainnya masih sepiii bangeeet. Nah yang kerasa capeknya itu pas di daerah yang sepi banget, udah jalannya berpasir, kita kehausan mau beli minum ga bisa, mana takutnya nyasar lagi. Tapi semua terbayar, soalnya di daerah yang sepi ada pantai yang indaaah bangeeet dan sepiiiiii bangeeeeet. Puas deh foto-foto disana🙂

Dari Gili Trawangan, kami kembali mengarungi lautan menuju Gili Air. Ga jauh sih jaraknya, paling 20 menitan. Beda dengan Gili Trawangan, Gili Air lebih sepi dah belum sepopuler Gili Trawangan. Tapi, terumbu karangnya masih lebih bagus dibandingkan Gili Trawangan. Kapal kami ga langsung menepi, tapi berhenti agak ke tengah. Disana kami disuruh siap-siap karena mau snorkeling sambil di pandu si bapak pemandu yang merangkap jadi nahkoda kapal (haiyaaa nahkoda…..kapalnya juga kapal nelayan..hehe).

Saya kan udah lama tuh ga berenang…jadi agak kagok…untungnya pake pelampung. Hahaha.. Kami dikasih botol air mineral yang tutupnya sudah dibolongin. Di dalamnya ada roti yang dipotong kecil-kecil. Ternyata roti itu untuk makanan ikan. Pak pemandu menyuruh kami untuk mulai snorkeling sambil mengeluarkan rotinya sedikit demi sedikit. Begitu rotinya dikeluarkan, wuusssssssh…ikan-ikan cantik langsung menyerbu. Saya sampai takjub sendiri, udah coralnya cantik-cantik, ikan-ikannya juga memesona. Saking asiknya sampai lupa deh kalo pak pemandu udah manggil-manggil kami bukan makan siang.

Siang itu kami makan di salah satu restoran di Gili Air. Sembari duduk di saung tepi pantai, kami menyicipi pelecing kangkung dan ayam taliwang. Dua-duanya enyaaaaak…. Kalo harga, agak mahal sih menurut saya. Tapi ya mau gimana lagi, pulaunya juga jauh dari peradaban, pasti transportasi untuk stock bahan makanannya juga mahal.

Intinya, hari itu kami capek bangeet, tapi juga senang bangeeet. Senang karena bisa melihat pemandangan yang ga pernah bisa dilihat di kota besar, dan ngelakuin hal-hal yang jarang kami lakukan seperti bersepada dan snorkeling.

Besoknya, kami terpaksa meninggalkan Lombok, senang, kecapean dan sedikit demam juga. Hehehehe….

Walopun begitu, ga kapok untuk balik ke Lombok lagi kok🙂

Jalanan di Lombok pagi hari di bukan musim liburan. Sepi bo’!

Art Market di Pantai Senggigi

Landscape ciamik Lombok. Subhanallah, ada lafazh Allah SWT di langit Lombok :’)

Jernihnya air pantai di Gili Trawangan

Sisi ramainya Gili Trawangan. Banyak kapal, banyak tempat buat bule-bule berjemur :p